Minggu, 03 April 2016

KEPRIBADIAN SEHAT ( G. ALLPORT)

Apakah itu kepribadian yang sehat itu? Apakah sifat-sifat orang yang memiliki kepribadian yang sehat itu,? bagaimanakah tingkah lakunya, atau sebagainya..., 
Banyak ahli psikologi percaya bahwa kepribadian yag sehat itu, akan menjadi fokus utama di dunia psikologi itu sendiri, namun saya akan membahas beberapa tokoh saja, antara lain :

G. Allport

Allport lebih optimistis tentang kodrat manusia dari pada Freud, dan ia melihatkan keharusan yang luar biasa terhadap manusia. 

Motivasi pada pribadi yang sehat

Menurut Allport, salah satu yang paling memotivasi manusia adalah kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan biologisnya.Kecenderungan ini disebut Allport dengan  pemfungsian oportunistik. Pemfungsian oportunistik bersifat reaktifberorientasi masa lalu, dan biologis. Sekalipun demikian, Allport menganggap pemfungsian oportunistik ini tidak terlalu penting dalam memahami perilaku manusia, justru kebanyakan perilaku manusia dimotivasi oleh sesuatu yang lain, sesuatu yang berfungsi dalam rangka ekspresi diri, yang oleh Allport disebut ''pemfungsian Propriate''.Maksudnya adalah apapun yang dilakukan seseorang dalam hidup biasanya adalah demi menunjukkan siapa dirinya. Pemfungsian diri ini bersifat proaktif, berorientasi masa depan, dan psikologis.Kata propriate berasal dari kata proprium yang berarti konsep diri. Maksud dari Allport dengan memberi tekanan lebih kepada proprium ialah untuk mendefinisikan konsep diri sehati-hati mungkin.


Perkembangan Kepribadian yang sehat 

Jika Anda memiliki proprium berkembang dengan baik dan kaya, set adaptif disposisi, Anda telah mencapai kematangan psikologis, istilah Allport untuk kesehatan mental. 
Tujuh tanda seseorang yang memiliki kedewasaan psikologis::
  1. Spesifik, ekstensi abadi diri, yaitu keterlibatan. 
  2. teknik diandalkan untuk hangat berhubungan dengan orang lain (mis kepercayaan, empati, keaslian, toleransi). 
  3. keamanan emosional dan penerimaan diri.
  4. Kebiasaan persepsi yang realistis (sebagai lawan defensif). 
  5. Masalah-keterpusatan, dan pengembangan kemampuan memecahkan masalah. 
  6. Self-objektifikasi - wawasan perilaku sendiri, kemampuan untuk menertawakan diri sendiri, dll 
  7. Sebuah filosofi pemersatu kehidupan, termasuk orientasi tertentu nilai, sentimen agama dibedakan, dan hati nurani pribadi. 

KESIMPULAN

Cara yang cukup baik untuk menjadi kepribadian yang sehat adalah harus adanya 7 tanda kedewasaan psikologis, dan hal menarik lainnya bahwa Teorinya adalah salah satu teori humanistik pertama, dan mempengaruhi banyak orang lain, termasuk Kelly, Maslow, dan Rogers. 

Ref:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gordon_Allport
http://webspace.ship.edu/cgboer/allport.html (Copyright 1998, 2006  C. George Boeree)
Schultz. Duanae, Psikologi Pertumbuhan (Terjemahan), PT Kanisius, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar